SELAMAT TAHUN BARU 2021

Tahun 2020 baru saja lewat. Sebuah tahun yang sangat berat, khususnya sejak sekitar bulan Maret 2020, yang ditandai oleh merebaknya pandemi Covid-19. Dalam sembilan bulan terakhir puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia terjangkit virus ini. Banyak di antaranya, bahkan termasuk banyak dokter dan tenaga kesehatan lainnya, meninggal. Di Kota Bogor kasus Covid-19 masih tinggi hingga sekarang meskipun pemerintah pusat dan daerah sudah berusaha keras untuk menanggulangi penyebaran virus Corona. Karena pandemi ini banyak perusahaan besar dan kecil, bahkan usaha mikro, terpaksa harus ditutup.Banyak orang kehilangan pekerjaan, kehilngan penghasilan dan kehilangan harapan. Pemerintah juga telah berusaha keras mengatasi dampak Covid-19 ini dengan berbagai cara termasuk memberikan stimulus di bidang ekonomi, bantuan langsung tunai, bantuan pembukaan lapangan kerja, hingga menelorkan Undang-undang Omnibus Law.

Memang kasus Covid-19 belum mereda dan masih mengancam, namun setidak-tidaknya Indonesis tetap harus besyukur karena selalu ada hal baik yang terjadi. Muncul rasa solidaritas di mana-mana. Orang saling membantu. Bila ada yang sakit, tetangga dan pengurus RT/RW segera bertindak untuk menolong. Ini berbeda dari keadaan beberapa bulan awal masa pandemi. Banyak orang berubah menjadi lebih kreatif dengan menemukan usaha-usaha baru yang dapat dilakukan secara online seperti membuat dan makanan, menjual barang-barang secara online dengan memanfaatkan media sosial dan sebagainya. Jumlahnya sangat banyak. Sekolah dan kursus pun menjadi lebih terampil memanfaatkan teknologi informasi dan internet. Belajar secara daring menjadi lumrah. Sementara itu lingkungan hidup juga membaik; polusi udara sedikit berkurang dan lingkungan tampak lebih hijau. Banyak orang menghabiskan waktu di rumah dengan menanam pohon atau merawat tanaman bunga dan sayur mayur. Di luar hal-hal itu, masih terdapat banyak hal positif yang terjadi selama masa pandemi. Pendek kata, meskipun ada banyak hal negatif terjadi, khususnya di bidang kesehatan, banyak hal positif pun dapat terjadi.

Independent English Course juga berusaha menyesuaikan diri selama masa pandemi ini. Kami menggunakan metode tatap muka secara daring. Namun sejumlah siswa juga mau hadir secara face-to-face dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mereka mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sesuai anjuran pemerintah. Kebiasaan ini pasti masih akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan bahkan ketika program vaksinasi telah tuntas dilaksanakan di tanah air. Kita berharap bahwa program vaksinasi yang akan segera dimulai ini dapat segera membentuk kekebalan bersama sehingga semua kegiatan masyarakat dapat kembali normal seperti dahulu.

Selamat Tahun Baru 2021.

Tentang Thomas

I live in Bogor and I love Bogor
Pos ini dipublikasikan di Kursus bahasa Inggris di Bogor, les inggris di bogor, les privat IELTS di Bogor dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar